Pentingnya RAB Sebelum Membangun Rumah

Faktur keuangan menjadi kunci penting dalam membangun ataupun merenovasi hunian. Tidak sedikit rumah setengah jadi terlihat terbengkalai dalam proses pembangunan lantaran dana tidak mencukupi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak diharapkan, Rencana Anggaran Biaya (RAB) amat dibutuhkan sebelum Anda membangun atau merenovasi rumah.

Buatlah RAB yang berisikan perkiraan biaya pengeluaran pembangunan serta tenggat yang dibutuhkan. RAB sangat penting karena digunakan sebagai bahan acuan pemborong, tukang, dan kontraktor yang akan membangun atau merenovasi rumah Anda.

Apabila dikupas lebih lanjut, biaya-biaya yang dapat diperkirakan dalam RAB meliputi biaya persiapan membangun yang di dalamnya mencakup pekerjaan mempersiapkan lahan agar layak dibangun. Selanjutnya adalah biaya pengerjaan struktur bangunan termasuk membuat fondasi, daftar biaya material. Biaya lainnya seperti jasa arsitek, pembuatan taman, serta pekerjaan finishing dan kelistrikan, jangan sampai terlewat.

Semakin rinci daftar rencana pengeluaran biaya bangunan dan renovasi, semakin kecil pula pengeluaran dana yang tidak perlu. Kualitas dan jumlah material yang digunakan pun semakin dapat diprediksi sehingga mampu meminimalkan jumlah bahan bangunan tak terpakai.

Selain urusan dana, ketepatan waktu dalam menyelesaikan pembangunan rumah semakin besar. Hal ini karena ditunjang dengan tingkat pengontrolan yang baik. Begitu pula dengan masalah lainnya, seperti stok bahan material dan kualitas yang didapat. Dengan RAB, bahan material akan didapat sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Tidak ada lagi istilah material datang terlambat atau kehabisan stok. Terlambatnya material akan sangat menggangu proses pembangunan rumah maupun renovasi. Belum lagi ditambah cuaca yang sulit diprediksi.

  1. A WordPress Commenter Reply

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply

*

captcha *